Roadshow SABDA: Pengalaman Berbagi Firman Tuhan dengan Teknologi

Oleh: Tika

"Tika, nanti ikut roadshow juga, ya!" Itulah pertama kali saya mendengar kata roadshow di SABDA, dan saat itu saya sama sekali tidak punya bayangan apa yang akan saya lakukan nanti. Roadshow biasanya diartikan sebagai pertunjukan keliling ke kota-kota, terutama oleh kelompok musik. Saya tidak tahu apakah kata ini cocok untuk melukiskan apa yang dilakukan di SABDA karena roadshow SABDA biasanya pergi ke satu kota saja, tetapi di satu kota itu kami berkeliling melakukan pelayanan ke beberapa tempat (gereja/sekolah dll..), atau bisa juga hanya ke satu tempat saja, tergantung dari kebutuhan dan permintaan.

Selama 25 tahun pelayanannya, SABDA sudah melakukan roadshow ke banyak kota dan banyak pulau. Semua staf SABDA digilir untuk bisa ikut roashow bahkan termasuk anak-anak yang sedang magang di SABDA. Sampai hari ini saja pribadi telah mengikuti roadshow SABDA (***) kali. Dari banyak pengalaman itu, saya bersyukur dan juga jadi tahu mengapa Tuhan memperlengkapi saya dengan beberapa pengalaman pekerjaan sebelumnya; baik dalam hal relasi, product knowledge, maupun ketika mendalami alasan kebutuhan customer tentang produk tertentu. Namun, produk-produk SABDA tidak ada bandingannya karena kami memberikan sesuatu yang bernilai kekal, yaitu firman Tuhan. Bertemu, berhadapan dan berelasi dengan 'customer' secara langsung (dibanding secara maya) sangatlah menyegarkan hati karena saya bisa 'face to face' untuk berbagi dan mendengarkan kebutuhan mereka, bahkan tidak jarang 'curhat' mereka, tentang kesulitan membaca firman Tuhan. Alasan tidak membaca Alkitab lagi karena tulisanya kecil-kecil, tidak ada internet, atau karena terlalu sibuk, adalah beberapa alasan yang dapat ditepis dengan pelayanan roadshow SABDA ini.

Pada roadshow SABDA, selain memberikan seminar atau pelatihan/workshop tentang bagaimana teknologi menolong jemaat Tuhan untuk belajar Alkitab dengan lebih bertanggung jawab, kami juga selalu akan membuka booth untuk mendisplay produk-produk pelayanan SABDA yang bisa diambil peserta yang membutuhkan. Kami juga memberikan pelayanan instalasi software Alkitab ke laptop atau aplikasi-aplikasi Alkitab ke handphone, khususnya untuk mereka yang kurang melek teknologi. Saya masih teringat, di salah satu roadshow, seorang bapak datang dengan diam-diam ke booth SABDA dan menyodorkan handphonenya dengan malu-malu sambil memohon lirih "Mbak, kalo yang seperti ini, bisa dikasih Alkitab tidak, ya? Maaf, handphone saya jadul, Mbak." Saya tersenyum. Setelah melihat handphonenya, saya menjawab, "Bisa, Pak. Hapenya saya pinjam sebentar, ya." Selesai menginstal Alkitab serta memasukkan Alkitab audio berbahasa Jawa ke handphonenya, saya kembali ke beliau dan menjelaskan cara mengaplikasikannya. Ia sangat tidak menyangka kalau handphonenya sekarang bisa ada Alkitab! "Semua kitab, Mbak? Kejadian sampai Wahyu ada di hape saya ini? Dan, Alkitab audio bahasa Jawa juga?", katanya dengan tidak percaya. "Iya, Pak. Semua sudah ada di sini. Kita coba dengarkan yang Alkitab audio bahasa Jawa ya, Pak!" jawabku sambil tersenyum. Dalam genangan air mata diiringi senyum sumringahnya, ia mendengarkan suara yang keluar dari handphonenya. Dengan sukacita besar dia menuturkan: "Allahku benar-benar luar biasa!"

Bagi saya, setiap roadshow pelayanan SABDA merupakan saksi dari karya Allah melalui teknologi untuk menjangkau agar banyak orang semakin dekat dengan Dia. Mari kita rayakan karya-Nya! Terpujilah Tuhan!

Kontak Kami