Proyek Aplikasi SABDA

Oleh: Odysius
Sejak pertama kali YLSA meluncurkan aplikasi e-Renungan PSM (Harian) untuk Android pada 2013 silam, Tuhan telah memakainya untuk menolong orang-orang percaya makin bertumbuh dan berakar dalam kebenaran firman Tuhan secara sistematis setiap hari. Hingga 2019 ini, YLSA telah meluncurkan lebih dari 20 aplikasi yang terdaftar pada halaman developer SABDA di Google Play Store dan di situs Android.SABDA.org! Dari banyak aplikasi itu, ada beberapa aplikasi yang sangat populer di antara masyarakat Kristen di Indonesia, misalnya: Alkitab, Tafsiran, Kamus Alkitab, AlkiPEDIA, dan e - Renungan PSM (Harian). Masing-masing aplikasi tersebut sudah diunduh ratusan ribu kali, terkhusus untuk aplikasi-aplikasi Alkitab sudah diunduh jutaan kali! Ditambah lagi, sejak 2017, YLSA juga melebarkan sayap mengembangkan 15 aplikasi untuk iOS juga bagi pengguna iPhone/iPad untuk melakukan studi Alkitab secara mandiri! Sungguh pencapaian yang luar biasa!

Namun, di balik angka-angka yang mengesankan itu, kami mengakui di YLSA sebenarnya tidak ada orang yang bisa dikatakan benar-benar ahli, baik dalam bidang pemrograman Android maupun iOS. Dari yang saya lihat dan alami secara pribadi, Allah sendirilah yang bekerja melalui orang-orang "awam dan sederhana" (baca: tanpa latar belakang IT) yang mau mengambil tanggung jawab dalam pekerjaan-Nya yang luar biasa ini. Dan, sebagai salah satu orang awam yang Tuhan izinkan terlibat dalam pekerjaan-Nya ini, saya sangat bersyukur karena bisa merasakan sendiri penyertaan dan kuasa-Nya yang begitu nyata atas proyek yang dikerjakan oleh tim ITS ini. Allahlah yang memampukan kami dan Allahlah yang memberkati jerih payah kami demi kemuliaan nama-Nya. Terpujilah Tuhan!

Dalam rangka menyambut HUT ke-25 YLSA dan menyongsong pelayanan YLSA 25 tahun ke depan, saya berharap semakin banyak proyek-proyek mobile SABDA yang diciptakan dan dikerjakan untuk memperlengkapi pelayanan jemaat Tuhan dalam berbagai bidang. Doa saya, kiranya Tuhan juga mengirimkan lebih banyak orang yang mau dan mampu untuk terlibat dan mendukung proyek ini sehingga semakin menjadi berkat bagi masyarakat Kristen pengguna teknologi dan internet di Indonesia. Amin.

Kontak Kami