Bertumbuh melalui PA di YLSA

Oleh: Mei

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh YLSA untuk mendorong pertumbuhan iman para stafnya adalah kegiatan Pendalaman Alkitab (PA). Kegiatan PA ini dilaksanakan setiap Selasa-Kamis sebelum kami memulai pekerjaan, yaitu pada pukul 08.00 WIB untuk kira-kira 30 menit. HRD akan membagi kami dalam kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan antara 4-5 orang, dan setiap bulan selalu berganti anggota. Menurut saya, hal ini bagus karena kami bisa lebih mengenal satu sama lain dan mempererat rasa kekeluargaan SABDA.

Selama 25 tahun, YLSA telah memakai banyak sekali bahan PA dan metode PA yang berbeda-beda. Kami pernah menggunakan S.A.B.D.A., B.G.A, Induktif, Nyanyian pujian, film, komik, dan masih banyak metode lain. Saya ingat sekali ketika hari pertama saya masuk kerja, kami sedang belajar "Union with Christ". Metode PA yang kami gunakan waktu itu adalah metode 4G (God, Gospel, Growth, Go). Sedangkan kelompok lain memakai metode S.S.T. (Semua Sesuai Teks), metode B.A.S.A. (Baca, Analisa, Sharing-kan, Aplikasikan), dan metode S.A.B.D.A. (Simak, Analisa, Belajar, Doa+Diskusi, Aplikasi). Metode apapun yang kami pilih selalu berakhir dengan aplikasi praktis yang dapat kami terapkan. Selain ber-PA dalam kelompok kecil kami juga mengevaluasi hasilnya di kelompok besar pada kegiatan Persekutuan Doa (hari Senin) atau Persekutuan Staf (hari Jumat).

Melalui setiap PA yang saya ikuti, saya mendapatkan banyak manfaat. Selain pengetahuan Alkitab saya bertambah, saya juga lebih dekat dengan Tuhan dan iman saya bertumbuh sedikit demi sedikit. Hal ini tentu saja, bukan hanya saya yang merasakan, tetapi hampir semua orang yang pernah mengikuti PA di YLSA. Mereka merasakan dampak yang sama, terkhusus untuk staf yang baru masuk SABDA dan anak-anak magang, karena setelah di SABDA mereka jadi rajin baca Alkitab dan rajin PA. Mengikuti PA di SABDA selalu menjadi hal yang berkesan bagi kami semua. "eat your own dog food" menjadi moto SABDA, karena sebagai yayasan yang selalu mengedepankan Alkitab, maka kami sendiri harus bergumul setiap hari dengan Alkitab. Kiranya kegiatan PA ini terus menjadi motor hidup Kristen kita sehingga Tuhan menumbuh iman kita dalam SABDA-Nya.

Kontak Kami