Satu Setengah Tahun, 2.000+ Halaman, Kasih Setia-Nya Tak Terhingga

Oleh: Yudo

Pada 1,5 tahun yang lalu, SABDA memulai sebuah proyek penerjemahan komik yang sangat menantang dari Kingstone Comics. Betapa tidak? Serial komik (yang di kemudian hari diberi judul "Kisah Kasih Abadi") ini terdiri atas 72 buku, 2.000+ halaman, dan 10.000+ panel! Pheww ...! Melihat angka sebesar itu di awal pengerjaan sudah cukup membuat saya merasa gentar dan khawatir; apalagi ditambah pertanyaan mungkinkah proyek ini bisa diselesaikan sebelum Ulang Tahun ke-25 SABDA? Namun, setelah bulan demi bulan dilalui, perlahan-lahan ketakutan itu diangkat. Jika melihat ke belakang, ada banyak tantangan dan kendala yang kami hadapi saat memulai proyek ini, tetapi seiring dengan semuanya itu, TUHAN tidak habis-habisnya menunjukkan kasih setia-Nya kepada kami.

Salah satu cara-Nya adalah dengan mengizinkan kami melihat komik-komik Kisah Kasih Abadi dicetak dan dikemas. Ada sukacita tersendiri ketika meraba kertas, membau (ya, membau!), dan menimang-nimang komik yang baru dikirim dari percetakan. Cara lain yang TUHAN pakai untuk menjaga kami tetap antusias dalam mengerjakan proyek ini adalah melalui pertumbuhan kami. Ada banyak hal yang bertambah (selain berat badan saya ^_^), misalnya penguasaan software yang awalnya sama sekali asing bagi beberapa dari kami, kepekaan dan kecepatan dalam mendesain (terutama saat lettering -- memasukkan teks naskah ke balon kata), serta soliditas tim yang semakin lama semakin baik. Memang, ada yang datang dan pergi, tapi yang tetap tinggal semakin matang dalam memahami alasan mengapa SABDA mencurahkan energi yang begitu besar dalam proyek ini; untuk merebut hati dan pikiran generasi milenial bagi Kristus!

Kini, menjelang ulang tahun SABDA yang ke-25 tahun, sekali lagi Tuhan menunjukkan kasih setia-Nya. Sampai saat saya menulis blog singkat ini, dari 72 komik Kisah Kasih Abadi, hanya tersisa kurang dari 10 buku untuk diselesaikan. Tidak hanya itu, pada saat yang sama, kami juga menyiapkan komik cetak menyambut momen Natal (yang akan di-reveal saat acara ulang tahun tanggal 14 Oktober!). Sungguh bukan kekuatan dan hikmat kami yang membuat semuanya itu terjadi!

Dalam hiruk-pikuk persiapan ulang tahun perak SABDA ini saya merasa bahwa TUHAN sedang membangun optimisme, sukacita, dan (sekali lagi) menyatakan kasih setia-Nya bagi kami dalam melayani Dia. Harapan kami, kiranya setiap halaman dan panel komik yang lahir dari pelayanan ini dijadikan-Nya jembatan untuk setiap orang datang kepada Sang Kristus.

"Bukan kepada kami, ya TUHAN, bukan kepada kami, tetapi kepada nama-Mu kemuliaan diberi; oleh karena kasih setia-Mu, oleh karena kebenaran-Mu."
(Mazmur 115:1, AYT)

Kontak Kami