Biblical Computing di YLSA

Oleh: Hadi

Tugas pertama saya ketika masuk dalam tim IT SABDA adalah memproses teks Alkitab dalam berbagai format. Itulah saat pertama saya mulai mempelajari struktur data yang dipakai sebagai dasar dalam membangun ekosistem studi Alkitab. Data yang disimpan tidak hanya teks Alkitab, tetapi juga bahan-bahan biblika lain yang diatur dan disimpan sedemikan rupa sehingga semuanya dapat digunakan dan dihubungkan dengan cara yang tepat. Saat itu, saya mulai kagum dengan kekayaan data Alkitab yang dimiliki SABDA yang besar dan variatif. Sebut saja dalam Alkitab terdapat 31.000+ ayat, tiap ayat memiliki korelasi ke ayat lainnya, tiap ayat memiliki catatan Alkitab, teks Alkitab sendiri memiliki puluhan versi terjemahan Alkitab, dan beberapa variasi lain yang masih banyak lagi, yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan komputasi Alkitab.

Hampir delapan tahun saya menggeluti bidang ini, bertambahnya data biblika dan berkembangnya teknologi memungkinkan untuk memanfaatkannya dengan cara baru yang kreatif dan inovatif. Dalam lima tahun terakhir ini, SABDA banyak mengeluarkan ide dan menghasilkan produk-produk yang sesuai dengan perkembangan zaman, bahkan membuka peluang untuk memperluas pelayanan SABDA secara global. Beberapa contoh yaitu, SABDA Bot dalam aplikasi telegram, Asisten Alkitab dalam Google Assistant, situs studi Alkitab MYSABDA, sistem interlinear Alkitab dalam berbagai versi, sistem studi komik Alkitab, dll.. Produk dan alat studi tersebut merupakan penerapan dari ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang saat ini, dan ini membuktikan bahwa data Alkitab dan biblika memiliki informasi melimpah, yang dapat dipakai untuk keperluan pembelajaran Alkitab secara mendalam.

Saya bersyukur kepada Tuhan karena sampai saat ini, SABDA masih diberi tanggung jawab untuk mengerjakan panggilan Tuhan di ladang-Nya. Mengolah data Alkitab dan biblika, menyiapkan infrastruktur, dan membangun sistem studi Alkitab dengan memanfaatkan teknologi yang ada untuk hormat dan kemuliaan Tuhan. Salam IT4GOD!

Kontak Kami